FAQ

FAQ

Apa itu CCTV ?

CCTV merupakah kepanjangan dari closed circuit television, jaman sekarang ini cctv bukan hanya untuk kalangan atas tetapi sudah menjadi kebutuhan para golongan eksekutif dan para pemilik usaha , toko dan lain sebagainya. cctv sering digunakan untuk memantau daerah -daerah yang harus dijaga 24 jam seperti bank, ATM, bandar udara, stasiun, terminal, mall dan lain lain. sekarang ini sudah banyak toko - toko atau tempat usaha kecil yang sudah menjadikan cctv sebagai kebutuhan, karena cctv sekarang bukan merupakan barang yang mahal dan mudah untuk dicari.


Apa saja yang diperlukan untuk membangun sebuah CCTV System ?

  1. DVR (Digital Video Recording) , merupakan alat untuk merekam file yang berupa file gambar, video , bahkan audio yang dihasilkan dari perangkat kamera cctv. DVR CCTV mempunyai beraneka ragam fasilitas seperti menu tombol, port usb, remote, kapasitas harddisk. Disamping untuk merekam DVR CCTV juga berfungsi untuk menghubungkan CCTV dengan Internet, sehingga nantinya CCTV dapat berkomunikasi dengan perangkat mobile yang lain seperti handphone, laptop, dan Tab. Dengan begitu CCTV dapat dipantau dari manapun juga asalkan terkoneksi dengan internet.
  2. CCTV Kamera, merupakan alat yang digunakan sebagai penangkap gambar atau video dalam sistem CCTV. Kamera CCTV secara umum terdiri atas 2 kategori yaitu kamera jenis Indoor dan kamera jenis Outdoor. Kamera - kamera CCTV sekarang ini sudah dilengkapi fasilitas berupa Infra-Red yaitu bisa melihat dalam kondisi yang minim cahaya atau bahkan gelap sekalipun. Dengan begitu kita tidak usah kawatir jika ada kejadian dimalam hari atau di kondisi gelap pemilik CCTV akan tetap bisa memantau ruangan yang di beri kamera CCTV.
  3. HARDDISK merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan hasil rekaman CCTV. Sama halnya dengan Perangkat Komputer Harddisk di CCTV digunakan untuk menyimpan data, dalam hal ini berupa file gambar, video dan audio.
  4. KABEL CCTV adalah kabel yang digunakan untuk menyalurkan data yang ditangkap oleh kamera CCTV ke dalam DVR CCTV. Kabel CCTV secara umum adalah Kabel Coaxial. Secara umum ada 2 tipe kabel CCTV yaitu kabel RG6 dan RG59 keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang ini CCTV sudah ada yang memakai kabel LAN atau kabel jaringan komputer.
  5. BNC CONNECTOR merupakn jack yang harus dipasang untuk menghubungkan alat satu ke alat yang lain, seperti kamera CCTV ke DVR.
  6. AKSESORIS INSTALASI merupakan bagian dari pengerjaan CCTV, seperti kabel klem, kabel tease, isolasi, stop kontak dan lain-lain.

 Apa yang diperlukan untuk bisa melihat CCTV dari jarak jauh atau luar kota ?

Yang diperlukan adalah koneksi Internet agar DVR dapat mengirim live view maupun hasil recording.

Saat ini ada dua jenis koneksi internet yang mendukung untuk koneksi CCTV.

- Indihome : dengan berlangganan indiehome sebesar kurang lebih Rp 350.000an/ bulan, Anda sudah bisa menikmati layanan speedy untuk koneksi internet jarak jauh.

- GSM : dengan tambahan router USB bisa menggunakan modem GSM.